Teman- teman yang Hobby dengan Aeromodeling, silahkan Gabung.. disini

Kamus aeromodelling

3D
Sebuah bentuk gaya terbang. dengan karakter terbang akrobatik special yang umumnya di bawah kecepatan stall. contohnya torque rolls, 'walk in the park', harriers, hangers, etc.

BC/Non-Ringed
Umumnya istilah ini terdengar di mesin nitro, ABC merupakan singkatan dari A = Aluminium, B= Brass, C = chrome atau Composite seperti Nickel
Engine type ini mengunakan piston aluminium and Silinder Liner dari Chrome atau composite coated brass yang menjadikan mesin lebih efisien untuk performa tinggi. Mesin Ini tidak menggunakan ring piston and piston dengan silinder liner sangat ketat. Mesin ABC terbaru seperti JBA Engine, umumnya susah/berat untuk diputar
as nya dengan tangan. Karena sangat ketatnya itu sangat tidak dianjurkan untuk memutar ass mesin dengan tangan tanpa adanya fuel yang masuk    

Adjustable Travel Volume (ATV).
ATV digunakan untuk mengeset maksimum travel servo disetiap sisi dari titik netral servo. Setting ATV berguna agar servo bergerak sesuai control yang kita inginkan yang akan mempengaruhi gaya terbang atau style.

After Run Oil
Pelumas khusus yang di desaign untuk menghilangkan sisa sisa fuel yang tidak terbakar. Fuel dapat menyebabkan korosi atau karat di beberapa bagian mesin. Dengan menggunakan after run oil, sisa fuel dihilangkan, dan bagian mesin beri lapisan pelindung baru. cara murah untuk merawat mesin dan menjaga agar mesin berumur panjang.

Ailerons
Permukaan kontrol yang berada pada ujung belakang sayap, di gunakan untuk berbelok dengan gerakan yang berkebalikan (satu ke atas, satu kebawah). Satu aileron akan mendorong udara keatas dan satu aileron akan mendorong udara kebawah. ini akan membuat pesawat berbelok
atau melakukan gerakan roll, Jadi kalo roll kekanan, maka aileron kanan akan naik.

Airfoil
Bentuk sayap ketika di lihat dari samping. biasanya berbentuk seperti tetes air

Amphibian
Pesawat yang dapat melakukan take off atau landing di darat dan di air,
dengan design seperti hull kapal, atau dengan menggunakan float. sebuah pesawat ampibi dapan mendarat pada air dan kemudian mengeluarkan roda untuk naik kedaratan.


Angle of Attack
Sudut pada sayap untuk membelah udara pada saat terbang, semakin sudut bertambah akan semakin mengapung tapi akan menghasilkan hambatan pada laju pesawat sesuai dengan sudut yang digunakan.

Area
Angka, biasanya ditunjukan dengan satuan inci persegi atau kaki untuk menunjukan luasan sayap.

ARF
Istilah Model, yang menunjukan bawah model pesawat/ heli hampir siap terbang, namun masih menambahkan beberapa items lagi agar siap benar benar terbang, seperti engine dll.
Istilah ARF sekarang di gunakan juga pada pesawat electric, namun di indonesia di artikan sedikit berbeda, dimana ARF electric di indonesia memiliki arti pesawat electric tersebut sudah termasuk servo, motor, esc, propeller atau bahkan battery dan charger.

Axis
garis imaginer dimana bodi berputar ke kiri atau kanan.

Backlash
Suatu yang menyatakan kondisi roda pesawat, terlalu kendor hingga terjadi slip atau terlalu kencang, dan akibat yang di hasilkannya

Ball Link
Penghubung menggunakan sebuah bola dan sebuah link berbentuk lingkaran yang mengelillingi bola, digunakan untuk menghubungkan servi ke kontrol permukaan penggerak seperti rudder dll.

Base Load Antenna
Antena pendek pada model, yang digunakan untuk menggantikan model antena panjang


Battery Eliminator Circuitry (BEC)
Sebuah rangkaian electronica yang digunakan untuk menurunkan tegangan (volt) agar tercapai tegangan yang di butuhkan oleh receiver. BEC umumnya digunakan pada RC electric, namun juga sekarang digunakan pada RC bermesin apabila menggunakan lithium baterai

BB
Singkatan ini menunjukan istilan BALL BEARING pada crankshaft (krek as ) mesin RC. Ball bearing akan membuat mesin lebih halus dan tahan lama.

Binding
Sesuatu kondisi yang terjadi dimana servo bekerja melebihi kekuatan lingkage atau lingkage terlalu panjang atau pendek .

Blade Balancer
disebut juga "'prop balancer" pada pesawat. Digunakan untuk melihat keseimbangan propeller atau blade dari sisi ke sisi untuk menghilangkan getaran.

Blade Strike
Suatu kondisi dimana propeller/blade menghantam obyek lain. kelihatannya seperti kerusakan minimal, namun blade atau propeller harus diperiksa secara hati hati dan di perhatikan kualitas kekuatannya untuk keselamatan penerbangan, apabila tidak yakin, lebih baik diganti.

Boring Holes in the Sky
Terbang Fun pada r/c pesawat tanpa mempedulikan pola atau jalur terbang.

Buddy Box
2
transmiter yang sama dihubungkan dengan kabel (trainer cord). ini sangat berguna untuk belajar terbang, atau sama saja pesawat memiliki dual control. Intruktur dapat langsung mengambil alih kontrol pesawat/heli dengan "trainer switch" pada transmitter.

CA (Abbreviation for "Cyanoacrylate")
Instant lem dengan beberapa vikositas, (thin, medium, think dan gel). Type lem ini cocok digunakan untuk pesawat balsa dan material lain. CA memiliki kekuatan yang lebih keras dari super Glue. namun jangan di gunakan pada pesawat dengan bahan foam, karena CA akan melelehkan foam.

Camber
Jika kamu menggambar sebuah garis melalui bagian tengah airfoil secara tepat membagi dua antara bagian atas dan bagian bawah, kamu mendapatkan garis airfoil, bentuk garis yang didapat tergantung bentuk sayap, dapat lurus atau melengkung. kurva ini yang disebut "camber" airfoil.
jika terdapat banyak kurva maka disebut sebagai "highly-cambered".

Canard
permukaan horisontal di depan sayap, digunakan untuk mengontrol pitch, ini di temukan di beberapa jenis pesawat. Juga kata yang digunakan untuk menggambarkan pesawat yang memiliki sayap utama dan permukaan kontrol horisontal di hidung pesawat, atau di sebut "tail first" aircraft.

Carburetor
Bagian pada mesin yang mengontrol kecepatan dan setingan gas, pencampuran bahan bakar dan udara melalui needle valve (see needle valve)

Center of Pressure
garis imaginer pada chord airfoil dimana semua kekuatan aerodinamis diasumsikan beban terbesar


CG ("Center of Gravity")
Istilah ini termasuk kategori paling penting pada rc aeromodeling dan harus benar benar diperhatikan. CG merupakan point pada model dimana keseimbangan model terbentuk baik keseimbangan bagian depan ataupun bagian belakang. Point ini sangat kritis, dimana pada saat pesawat telah terbang. Keseimbangan CG akan sangan menentukan. Pesawat dengan berat pada bagian ekor (tail heavy) akan sangat lincah, tapi sangat tidak stabil dan memiliki faktor stall yang sangat tinggi. Jika pesawat lebih berat pada bagian depan (nose heavy) pesawat akan memiliki karakter terbang track yang bagus, namun kurang responsif pada bagian control input, yang akhirnya pesawat akan drop apabila dalam posisi terbang pelan. hal ini akan menyusahkan pada waktu landing dan harus terus mengangkat hidung pesawat. Pesawat nose heavy akan landing dengan sempurna apabila melakukan landing dengan kecepatan tinggi.

Chandelle
Semuah gerakan menanjak tajam dimana pesawat berputar arah 180°

Channel
Nomor frekwensi yang digunakan radio untuk mengirim signal ke receiver. jika radio melakukan transmisi pada frekwensi yang sama, dapat terjadi glitching pada receiver dengan no frekwensi tersebut. Untuk menghindari tabrakan signal, maka clubs memiliki frekwensi kontrol untuk memastikan hanya 1 radio yang menyala apabila memiliki frekwensi yang sama. Jika tidak ada tanda, jangan gunakan radio sampai anda yakin tidak ada frekwensi yang sama digunakan pada saat itu

Channel
Nomor pada fungsi radio yang dapat dikontrol, contoh sebuah 8 channel radio memiliki slot untuk 8 servo yang dapat digunakan terpisah. channel ini juga bisa digabungkan dengan channel lain pada beberapa radio seperti collective, dimana pitch servo bergerak, throtle servo juga bergerak.

Charger
Digunakan untuk merecharge baterai, charger standard di dapat pada waktu pembelian radio. namun ada juga charger optional yang dapat melakukan recharge untuk semua type baterai. biasanya charger type ini memiliki kecepatan charge yang lebih tinggi.

Chicken Stick
Tongkat yang digunakan untuk menyalakan mesin secara manual tanpa alat starter.

Clunk
Pemberat pada bagian dalam tangki bahan bakar yang dihubungkan ke selang fuel. untuk menjaga agar selang selalu terendam oleh fuel.

Coning
efek bending yang terjadi pada rotor heli atau propeller/ blade ketika tegang.

Control Surface
apapun yang dapat digerakan pada sayap, permukaan ekor belakang atau canard

Conventional Gear
Susunan roda pendaratan pesawat, dimana pesawat terdapat roda utama, roda pada bagian ekor.

Cowl
Sebuah cover yang dibuat disekeliling mesin. Ini memiliki dua tujuan. membuat aliran udara mengalir secara lancar dari bagian depan pesawat, dan juga menghasilkan pengarahan pendinginan udara di sekeliling mesin.

Dead Stick
Istilah yang selalu di teriakan oleh pemain apabila akan melakukan pendaratan tanpa menggunakan mesin. biasa dilakukan apabila mesin mati pada waktu terbang.


Dialed In
Suatu kondisi dimana model dapat di set untuk terbang secara halus dan terprediksi, ini terjadi apabila mekanik dan elektronik bekerja bersama secara sempurna, sehingga menghasilkan performa maksimal.

Dihedral
bentuk V pada sayap, semakin tinggi dilateral semakin stabil pesawat. Dan menyebabkan rudder mengkontrol keduanya roll dan yaw axis. Inilah mengapa beberapa trainer dan glider hanya menggunakan 3 kontrol system pada radio, seperti tidak ada aileron

Disk
kondisi yang mengambarkan bentuk yang terjadi pada rotary wing atau propeller akibat perputaran baling-baling

Dorsal Fin
sirip tambahan pada bagian sirip vertikal pada bagian utama sirip. terhadap body pesawat. Bisa pada bagian atas atau bagian bawah pesawat.

Down Thrust
Sudut mesin yang mengarah ke bawah terhadap central pesawat, downtrrus dapat membantu menghilangkan tendesi pesawat terus naik keatas yang di akibatkan oleh torsi mesin.

Drag
hambatan udara yang terjadi akibat gerakan maju, drag dapat bertambah tergantung dengan apa yang dipasang pada pesawat, seperti spoiler, airbrake atau flap. pada pesawat type lama banyak terdapat drag yang diakibatkan oleh kawat kawat yang terpasang pada pesawat, seperti di sayap. sedang pada pesawat pesawat modern seperti Jet militer sudah memiliki drag yang sangat rendah.

Dual Rates
Fungsi radio yang digunakan untuk mengkontrol sensitivitas

Electric Starter
Electric motor yang dipegang tangan dan digunakan untuk menyalakan mesin pesawat atau heli. menggunakan baterai 12 V

Elevator
Kontrol pitch, yang menyebabkan hidung pesawat naik atau turun, ini akan menyebabkan pesawat bergerak naik keatas atau turun, Menggerakan elevator kebawah akan menyebabkan ekor bergerak keatas dan pesawat menungkik turun, menggerakan elevator ke atas akan menyebabkan ekor pesawat turun kebawah dan pesawat naik (climbing).

Empennage
vertikal atau horisontal permukaan ekor pada pesawat.

Engine
Mesin pada model, dengan bahan bakar metanol atau bensin premium. dua tak atau empat tak, sistem glow engine merupakan yang paling populer di pakai, empat tak dapat membawa propeller lebih besar sehingga banyak digunakan pada pesawat yang membutuhkan torsi dari pada kecepatan.

Epoxy
Lem yang memiliki 2 bagian Resin dan hardener, sangat kuat dan digunakan bada bagian bagian kritis pesawat. terdiri 2 macam : 5 menit dan 60 menit yang digunakan untuk perakitan awal pesawat

Expanded Scale Voltmeter (ESV)
Alat yang digunakan untuk membaca voltasi pada battery receiver atau transmitter

Exponential
Fungsi radio yang digunakan modeler untuk menyetel sensitivitas. ini akan mempertinggi presisi terbang.


Failsafe
Fungsi PCM yang mengerakan servo pada posisi yang telah di program apabila terjadi gangguan signal atau hilang signal

Field Charger
Alat yang dapat mencharge baterai secara cepat, dengan menggunakan sumber 12 volt seperti aki mobil, sehingga mudah dibawa.

Figure 9
Suatu gerakan wajib pada kompetisi, atau gerakan loop yang dilakukan secara jelek. ketika model terbang pada bagian puncak loop, dan terlalu kencang, momentum yang digunakan untuk menjaga agar loop tetap bulat

Fin, Vertical Fin
bagian tetap yang tidak bergerak di bagian ekor vertikal

Flaps
bagian sayap yang berada di samping aileron, pada waktu flap diturunkan akan menghasilkan daya angkat yang tinggi pada sayap, sehinga menghasilkan take off secara pelan atau menurunkan kecepatan landing. flap biasanya tidak terdapat pada model pemula.

Flare
Point pada waktu pendekatan prosedur pendaratan, dimana pilot menaikan sudut elevator untuk memperhalus pendaratan pada saat pesawat menyentuh landasan.

Flight Box
Special box yang di bawa, biasanya berisi semua peralatan yang dibutuhkan di lapangan untuk terbang

Flight Pack (or Airborne pack)
Semua kebutuhan radio yang harus dipasang di dalam pesawat atau heli contoh Receiver, Servos, Battery, Switch Harness.

Floats
Berbentuk panjang, dengan struktur depan seperti hull kapal, digunakan pesawat untuk pendaratan di air. Floot bukan bagian struktur pesawat, di letakan di bawah body pesawat atau disebut juga "Pontoons".

Flutter/flatter
sesuatu kejadian dimana permukaan kontrol elevator atau aileron bereaksi aneh pada waktu terbang. ini kadang kala disebabkan oleh rusaknya struktur permukaan yang dapat menyebabkan pesawat jatuh. Banyak alasan lain, namun yang sering terjadi karena renggangnya hinges, atau lepasnya
hubungan push rod dengan kontrol horn, jika terdengan suara mendengung pada waktu terbang, kurangi gas dan segera mendarat, karena itu indikasi flutter.

FM
Frequency Modulation. istilah mode signal transmisi dari transmiter ke receiver.

Frequency Module
Sebuah frekwensi modul di pasang pada transmiter dan digunakan untuk merubah frekwensi radio yang akan digunakan.


Fuel
bahan bakar yang digunakan, dapat berupa metanol, nitro atau bensin tergantung type mesin.

Fuse
Fuselage, body utama

Fuselage
badan Pesawat atau badan Heli

Gain
sensitivitas gyro. jika terlalu rendah, ekor tidak bertahan pada posisi yang benar, jika terlalu tinggi, ekor akan bergetar.

Gasser
Model yang menggunakan mesin berbahan bakar bensin.

Glitch
Problem pada transmisi radio, umumnya tidak pernah terjadi, kecuali terbang di atas pohon atau rawa, namun glitch juga dapat terjadi karena problem lain seperti gangguan frekwensi atau internal trouble.

Glow Fuel
bahan bakar berbahan dasar metanol bercampur oli, digunakan di banyak mesin model. umumnya beberapa fuel menggunakan nitro.

Glow Plug
Busi, Sumber panas yang digunakan sebagai pengapian untuk memicu fuel dan pencampuran udara sehingga terjadi ledakan di dalam mesin. Ketika menyalakan mesin glow plug
membutuhkan battery 1.2V untuk pemicu elemen panas agar engine menyala
Setelah mesin menyala, battery dapat dilepaskan dan element kawat yang ada di dalam busi akan tetap menjaga panas dari ledakan yang terjadi didalam silinder mesin (lihat di heading and "Idle Bar"Plug.)

Glow Plug Clip/Battery
A 1.2-volt baterai, yang dihubungkan dengan glow plug pada model engine untuk menyalakan mesin, dan battery di lepas setelah mesin menyala dengan sempurna.

Ground Effect
Efek udara yang terjadi apabila model terbang rendah ke daratan. Ini di hilangkan dengan mengurangi sudut elevator untuk menjaga ketinggian agar konstan ketika terbang rendah atau mendarat.

Gyro
Mekanikal atau Elektronik, digunakan untuk membantu menstabilkan orientasi model terdapat kecenderungan berputar, di eleminasi dengan menggerakan servo secara berkebalikan.
alat ini dapat digunakan di semua axis, namun umumnya digunakan pada rudder atau elevator. Khususnya digunakan untuk 3D atau terbang presisi.

Header Tank
Tangki bahan bakar kecil yang digunakan diantara tangki utama dan carburator. Kegunaan header tank ini untuk menghilangkan gelembung udara pada fuel agar mesin bekerja maksimal.

Hit (or to be hit)
Interence radio yang secara tiba tiba, dan membuat model terbang tidak bisa di kontrol atau bergerak liar. Hal ini terjadi karena adanya seseorang yang menyalakan radio dengan frekwensi yang sama, namun dapat juga dikarenakan oleh radio lain dengan frekwensi sama meskipun berada di tempat yang jauh.

sumber: gaero.org